PERSAUDARAAN FC BARCELONA DENGAN FC BASEL

CULES BARCA - Tulisan ini dibuat karena ada sebagian orang yang mempertanyakan apa sebenarnya hubungan antara FC Basel (Swiss) dan FC Barcelona (Spanyol). Banyak orang mungkin akan bertanya hal yang sama ketika membandingkan jersey dan logo antara FC Basel dan FC Barcelona. Memang mirip. Pertanyaan-pertanyaan pun bermunculan seperti:


1. Mengapa logo FC Basel dan FC Barcelona mirip?
2. Mengapa warna jersey Barcelona dan FC Basel mirip?
3. Apa keterkaitan antara FC Basel dan FC Barcelona?
4. FC Basel dan FC Barcelona hubungannya apa?

Baik, ini sedikit penjelasan yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Mulanya adalah seorang Joan Gamper, pemain sepakbola asal Swiss. Dia menjadi kapten tim di awal-awal berdirinya FC Basel. Butuh waktu 40 tahun bagi FC Basel untuk mendapatkan trofi pertamanya, yaitu Swiss Cup pada 1933 ketika mereka mengelahkan Grasshopper-Club ZĂĽrich 4–3, dalam sebuah partai legendaris yang akan terus dikenang publik Swiss.

Corak warna klub FC Basel, termasuk juga di jersey-nya adalah merah dan biru. Dari warna inilah datang sebutan "RotBlau". Sementara, "Red-blue" juga dikenal sebagai warna dasar Blaugrana (FC Barcelona), baik untuk jersey dan logo klub.

Situasi "mirip-mirip" pun makin bertambah taktala FC Basel mengganti jersey-nya menjadi hampir serupa dengan jersey home milik Barca pada musim 2008/2009. Barcelona kemudian mengubah menjadi setengah merah setengah biru, menyerupai jersey tradisional FC Basel.

Banyak orang berpendapat - karena pendiri FC Barcelona adalah mantan kapten FC Basel - logo dan jersey Barca terinspirasi dari logo FC Basel. Kedua logo itu memang tampak mirip. Dua-duanya mencerminkan sebuah tameng. Dua-duanya memakai tiga warna dominan, kuning emas, merah, dan biru.

Tentang Joan Gamper

Pada tahun 1898 dia pergi ke Barcelona dengan satu tujuan; mengunjungi pamannya, Emili Gaissert. Joan sebenarnya hanya "mampir" ke Barcelona dalam rangka lawatannya ke Afrika untuk mengurusi bisnis gula, tetapi dia justru jatuh cinta pada eksotisnya Kota Barcelona dan kemudian memutuskan untuk tinggal di sana.

Joan makin tergila-gila dengan Barcelona yang mendorongnya bisa cepat belajar bahasa Catalan dengan lancar. Pria berkebangsaan Swis ini nama aslinya sebenarnya Hans Gamper. Karena faktor Catalan-lah dia akhirnya merubah namanya menjadi Joan Gamper. Pria berkumis tebal ini bekerja sebagai akuntan dan sebagai kolumnis untuk dua koran di Swiss. Joan juga tercatat membantu berdirinya majalah Los Deportes.

22 Oktober 1899 adalah salah satu hari bersejarah FC Barcelona. Pada hari itu, Joan Gamper memasang iklan di Majalah Los Deportes yang menyatakan bahwa dia ingin membuat klub sepakbola. Respon positif muncul dan diikuti dengan sebuah pertemuan di Gimnasio Solé pada 29 November. Nah, pada hari itulah FC Barcelona lahir. Para pendiri Blaugrana terdiri dari penggemar bola asal Swiss, Inggris dan Spanyol.

Tidak ada yang berani memastikan bahwa Joan Gamper otomatis mencomot begitu saja warna dasar dari klub terdahulunya, FC Basel, untuk digunakan pada FC Barcelona. Tapi orang memang dengan mudah mengatakan bahwa warna blaugrana terinspirasi dari warna dasar merah-biru FC Basel.

Kendati Gamper adalah faktor utama di balik berdirinya Barcelona, dia pribadi memilih hanya fokus untuk bermain bola dan cukup puas menjadi anggota dewan Barcelona. Kala itu dia masih berumur 22 tahun dan dia ingin konsentrasi sebagai seorang pemain bola. Joan memainkan 48 pertandingan untuk FC Barcelona antara tahun 1899 hingga 1903, mencetak lebih dari 100 gol.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
awdawd
AUTHOR
25 Januari 2019 pukul 07.06 delete

Dapatkan Bonus Freechip Deposit Via OVOpay Indonesia!
Proses Cepat, Praktis, Tidak Ada Jam Offline
Syarat & Ketentuan Bonus Berlaku Untuk Semua User ID Di Bolavita
Ayo Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita .site
Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
BBM: BOLAVITA
WA: +628122222995

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7 September 2021 pukul 15.04 delete

PILIHAN TERBAI♦K ANDA ADALAH DI ZEUSBOLA, KARENA ZEUSBOLA MEMBERIKAN BANYAK BONUS YANG BUKAN KALENG KALENG!

ZEUSBOLA menyediakan super promo seperti:
Bonus New Member 15%
Bonus Everyday 10%
Bonus Cashback 15%
Rollingan 0,6% setiap minggu

Menerima Deposit Via Pulsa ( TANPA POTONGAN RATE ), OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA, BTPN JENIUS.
◘ Minimal deposit Rp.25.000 s/d Rp.50.000
♣Minimal WD/Tarik dana Rp.50.000
◘ Minimal Bet/ Taruhan Rp.10.000

Menerima Deposit Bank Rekening : BCA, MANDIRI, BNI, BRI.

WHATSAPP :+62 822-7710-4607
TELEGRAM :Zeusbola
LINE : zeusbola
INSTAGRAM :zeusbola.official

☻semoga beruntung☻




Reply
avatar